Minggu, 25 September 2016

Gelang manik-manik

Membuat Gelang manik-manik sendiri

Sahabat,
Senar merupakan salah satu material bahan yang bisa digunakan untuk membuat gelang.  Senar sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni senar pancing (yang betuknya tetap) dan senar elastis (yang elastis seperti karet). Berikut ini step by step cara membuat gelang berbahan senar pancing yang dapat dipraktekkan di rumah ^_^
Untuk gelang berbahan dasar senar elastis bisa dilihat di artikel ini petunjuk pembuatannya.
Cara Membuat Gelang dari Senar Pancing

Untuk membuat gelang dengan material senar pancing, dibutuhkan benda kecil yang dinamakan stopper. Bentuknya seperti merica/pasir terbuat dari bahan sejenis seng atau besi. Cara menggunakannya tampak sebagaimana tutorial di atas.

Step 1
Pertama siapkan seutas senar pancing, masukkan stopper bawa ujung senar melewati ring, lalu tekuk hingga masuk ke dalam stopper.

Step 2
Setelah itu rapikan posisinya agar merapat pada ring, setelah rapat, jepit stoper agar senar tidak bergerak/tetap pada posisinya.

Step 3
Setelah itu rangkai manik-manik sesuai selera kita, tutup kembali sisi yang lain dengan menggunakan stopper.

Step 4
Langkah terakhir beri kait/pengunci gelang. Bisa berupa kait 1-0 atau bisa juga berupa kait udang.

Tips memilih kait untuk gelang:
Apabila gelang yang kita buat menggunakan material cukup berat, akan lebih aman apabila kita memilih kait udang agar gelang tidak mudah terlepas saat dikenakan. Namun apabila kita mengedepankan segi estetika dan keindahan kait 1-0 akan menjadi pilihan yang tepat untuk dipasang di gelang (tampak sebagaimana gambar berikut ini.
kait-1-0-silver-daun

Bagaimana Cara Mengukur Gelang:
Biasanya orang mengukur lingkar gelang dengan menggunakan cara sbgi berikut ini, yakni mengukur lingkar pergelangan tangan lalu menambahkannya 1-2 cm. Cara ini tidak salah namun akan memberikan hasil yang kurang akurat, khususnya untuk gelang dengan model bangle yang lingkarnya sudah tidak dapat disesuaikan/diubah.

Sebaiknya ukurlah lingkar tangan di bagian yang paling besar, ketika jari dalam posisi mengerucut (seperti saat akan memakai gelang, seperti tampak pada gambar berikut ini:


Hasil pengukuran gelang dengan cara seperti ini akan lebih akurat. Dengan berbekal ukuran ini selanjutnya tinggal mengaplikasikannya saat merangkai manik-manik. Selalu pastikan u mengukur gelang dengan bantuan penggaris sebelum mengakhiri rangkaian dengan simpul mati.


Selamat mencoba membuat gelang manik-manik sendiri di rumah ^_^
Mau tau cara membuat gelang manik-manik sendiri dengan bahan Senar Elastis ? Ikuti langkah-langkahnya di artikel ini.
Load disqus comments

0 komentar